Nduk Fatin

Siang panas, matahari terik khas sumatra tengah, kata mbak eva “panase ngetang-ngetang” alias puuuuaaannnaas eram. -___-
kalo di rumah lama aku jam 12 ke atas mesti sudah nggembrobyos keringetan, padahal dulu gak pernah begini. Hiiiuuhhh.
Kegiatan kalo di rumah gini ngurusin nduk fatin, anak kedua mbakku eva dari nyuapin, njagain, tidur sampe mbak eva pulang. Kebetulan hari ini mmbak eva udah pulang. Nduk fatin sudah bangun tidur selama tiga jam, makan siang. Alhasil bangun siang ini ngemeng terus bahasa planet.
Pernah waktu aku di jogja mamak cerita tentang nduk fatin yang kelakuannya mirip aku ketika kecil. Yaitu kalo sudah mandi dan bebaju rapih itu berdiri di depan rumah. Ngapain? Manggilin orang yang kebetulan lewat. Hahahaha.

“Wawak…”
“Mbak!!”
“Ibu..”

Sayanya Cuma ngakak. Tapi ketika saya menyaksikan sendiri nduk fatin yang sudah mandi dan bedakan berdiri di depan rumah. Ngapain? Manggilin dan ngomong dengan bahasa planet dengan orang yang kebetulan lewat. Bulek tetangga mau kerja, anak-anak berangkat sekolah sekaligus bapak2 juga. Cape deh… 😀 Sambil ngakak-ngakak saya ngeliat kelakuan si Fatin ini bilang ke dia yang masih ngomong geje,
“Nduk, kamu jane alien to yang nyamar anak kecilll, ya to? Ngaku!! Itu barusan kamu ngomong buat kode keplanetmu kan? Hayoo? Kamu meng nyamar jadi anak kecil ben bisa nguasai bahasa Indonesia terus bakal nyerang planet bumi..ya to??”
Miminya yang ndenger saya bilang gitu langsung nonyo kepala saya.
“Sembarangan!!”
Sayanya tambah ngakak..bhahaha
Tapi bukan itu yang mau saya ceritain. Yang ini nih,
Jihad sama fatin itu sifatnya bertolak belakang sekali. jihad waktu kecil itu diemnya tag acungi jempol. Bahkan jajan aja dia gak ngerti, padahal biasanya anak kecil kalo makanan atau dikasih pegang apa gitu ke tangannya mesti langsung dimasukin ke mulut. Kalo jihad ndak, pernah dikasih kerupuk jari ketangannya, eh..sampe amem kerupuknya gak dimakan, meng dipegang aja..hehe
Kalo fatin ndak. Yang namanya makanan dia gak susah, asal enak. Kalo dia mau, dia langsung bilang “Mau…”. saya ngekek. Anak bayi umur 18 bulan ini memang bikin saya gak habis geleng-geleng gendeng.
Nah, siang jam 2 mbak eva baru balik dan otomatis si nduk ini langsung sama miminya. Saya pun istirahat nonton film di abang –nama laptop saya, sambil makan bubur kacang ijo yang dimasak mbak eva. Semangkuk sedang penuh yang saya ambil. Tiba-tiba muncul nduk fatin dan miminya yang barusan dari warung. Spontan liat saya makan si nduk langsung bilang,
“Mauuu..” sambil mendekat senang melihat bubur kacang ijo yang sedang saya santap pelan-pelan.
Saya pun menyulang bubur itu sendok demi sendok.
Nduk fatin yang duduk sebelah saya ikut menonton drama korea yang sedang play di laptop. Namun tiba-tiba dia meraih remote tv yang tergeletak di lantai tak jauh dari dia duduk. Ketika sudah di tangan, dia memencet remote itu ke arah layar laptopku. Saya pun ngekek. Hahaha. Ni anak ada-ada aja kelakuannya.
“Itu mah remote tv nduk. Gak bisa buat laptop kali. Ih,” sayanya menanggapi.
“Ha?” jawabnya yang lebih kepada bahasa dia gak denger dan butuh pengulangan atau dia gak paham dan butuh penjelasan lebih.
“Remotenya gak bisa buat laptop, buat tv baru bisa.” Kataku lagi.
“Ha?” katanya lagi sambil terus memencet remotenya dan muka polos njeleinya ituh. -_-
“Itu remotenya Cuma bisa buat tivi nduk. Nggak buat laptopnya ibu…” jawabku.
“Ha?” lagi. Malah sambil nggetok-nggetok remote ke lantai lalu memencet lagi ke arah laptop. Entah liat siapa dianya itu..hehe
“Mau di nggetok sampe kapan juga tetep gak bisa nduk..” kataku datar.
“Ha?” katanya lagi. Errrrrrr
“Auk nduk..gelap.”
“Ha?”
“Gelap!!”
Selama percakapan njelei itu buburnya sudah tinggal  dua suap lagi.
“Ha?”
“Ini buburnya habis nduk. Yeeee!!” saya senang.
“Ndak!!” dia njawab bukan “Ha?” ketika dia gak senang dan mau bubur lagi.
-_- “Habissss…” kata saya lagi.
“Mauuu!! Mauu!!” dia teriak.
-_- ni bocah paham di ajak ngomong tapi jawabe Ha, Ha ajah. Giliran makanan dia tau mau bilang apa..ya Awloohh.. nggilani. Ahahaha
“Iya..iya..Ibu ambilin..” saya ngekek sambil nyium itu anak.
Njelei.. -_-

Leave a Reply

