tentang tes kerja paragon

Aku akan sedikit untuk cerita, gak sedikit ding..lumayan banyak kok. Hehe

Ini cerita tentang pengalaman pertama untuk tes masuk kerja perusahaan. Memang bukan pertama kalinya aku ikut tes masuk kerja ini, tapi ini tes untuk kali keduanya setelah di VADS itu sodara. Untuk yang ini, aku tes masuk kerja di PT. Paragon Technology and Innovation. Tau?? Kalo gak tau tag kasih tau, itu perusahaan yang punya produk namanya Wardah, MakeOver, Putri, Emina dan satu lagi apa gitu namanya lupa. Intinya ini perusahaan fokusnya ke produksi kosmetik sekaligus packaging dan segala macemnya sampe di distribusikan ke seluruh Indonesia. Kebayang kan berapa pegawai yang kerja di sini??

Oke..sebenarnya aku tes ini diawali dengan ikut job fair dan nge-drop-in cv di stand PT. Paragon ini. seneng si, soalnya abis ngedropin CV dikasih produknya pas waktu itu aku dapetnya eyeliner merk MakeOver. Lumayan bingiiittt, gimana ni mahal kalo beli sendiri boookk…hehehe
Setelah tiga hari kelewat ada sms masuk yang mengundang untuk mengikuti tes pendahuluan atau tes tahap awal di Wisma Kagam UGM sono hari kamis tanggal 3 September 2015 dengan membawa pensil 2B, pulpen no boxy dan penghapus. Hari yang ditentukan aku pun langsung berangkat sesuai jadwal dan tumbenan gak keburu-buru. Hehehe..soalnya kapok sama yang keburu-buru, yang ada malah bikin grogi dan gak fokus buat tesnya. Abis itu sampe di lokasi lumayan nunggu lama untuk giliran masuk ke ruangannya. Yang ikut tes di situ buaaannyyaakk banget. Sampe AC nya bener gak kerasa. Aku yang sengaja bawa buku Dilan pun langsung ngelanjutin baca aja sambil nunggu batch ku masuk ke ruangan.

Tidak tepat pukul 13.00 WIB kami pun langsung masuk setelah teman-teman yang selesai tesnya keluar. Untuk tes tahap awal ini adalah psikotest pauli atau orang banyak bilang psikotes Koran. U know?? Yang kertasnya sebesar Koran gede terus isinya deret angka gak abis-abis dan cara ngerjain ni psikotest adalah menjumlahkan dari atas ke bawah dan hasilnya di tuliskan disamping deret yang dijumlahkan tersebut. Kalau mau tau lebih jelasnya tentang psikotest ini silahkan gugling saja. Sebelum psikotes dilaksanakan, salah satu dari –sebut saja mbak paragon, mempresentasikan apa-apa tentang PT.PTI dan kemudian penjelasan posisi apa saja yang dibutuhkan dan kuota atau berapa orang saja yang akan di ambil. Aku pun memilih untuk posisi Branch Controller (Kepala Cabang) dan PLDP aku lupa bagian apa tapi inget nomernya 4, hahaha (tugasnya untuk melakukan pengecekan pekerjaan di kantor cabang seluruh Indonesia). Lalu setelah itu tes tahap awal pun dimulai.  Dalam situasi seperti ini saya juga sering jeda untuk melihat sekitar sampai mana yang lain mengerjakannya. Bukan apa-apa, aku soalnya tipe orang yang butuh dorongan dari luar dan hal itu bisa memotivasi diri sendiri untuk mengerjakan lebih keras dan lebih baik. Keliatan mbak sebelah kanan no dua saya sudah menghitung sebalinya. Aku langsung mempercepat menghitung dan menulis. Hooooaaaaaahhh…ini lebih luar biasa dari ketik aku psikotest sebelumnya diperusahaan yang berbeda.

Untuk mengerjakan test ini adalah diharuskan secepat-cepatnya, seteliti-telitinya, dan tidak ada baris yang kosong karena terlewat. Dengarkan selalu instruksi mbaknya untuk menggaris di tiap beberapa menit ketika kita sedang mengerjakan. Selalu fokus dan tidak buyar. Usahakan malah makin banyak yang dihitung, kita semakin cepat dari sebelumnya, bukan malah jadi lama dan tidak teliti. Setelah waktunya habis, kamipun diminta menunggu di luar selama 30 menit untuk langsung mengetahui lolos tidaknya tes tahap awal ini. diluar peserta ujian mendapat the kotak dan snak keju, ada juga oreo. Lumayan…ngurangi pandangan angka-angka ke muka orang-prang sekitar. Hahahaha.. 😀
Setelah menunggu 30 menit, pengumuman pun langsung di temple. Dan Alhamdulillah aku lolos tes tahap awal atau tes pendahuluan ini. kemudian untuk yang lolos diminta datang kembali keesokan harinya tanggal 4 September 2015 pukul 13.30 di tempat yang sama untuk mengikuti psikotest lengkap atau tes tahap kedua dengan membawa pensil 2B, HB, penghapus, dan pena tidak boxy.

Untuk tes tahap kedua ini juga dibagi dua tes lagi dengan system gugur didalamnya. Tes yang pertama adalah kita akan dibagikan 1 lembar HVS A4 kemudian aka nada soal yang diperlihatkan di layar lcd. Soal pertama adalah deskripsi tentang diri kita sendiri, soal kedua adalah memilih apakah sangat puas/puas/agak puas/kurang puas/tidak puas dengan diri kita, dan jelaskan alasannya. Setelah itu dilanjutkan lembar sebaliknya dengan pertanyaan pertama sebutkan kesuksesan yang pernah diraih dalam kurun 2 tahun terakhir dan bagaimana proses bisa mencapainya, kemudian soal yang kedua adalah kebalikan dari soalyang pertama yaitu tentang kegagalannya, dan yang terakhir adalah melengkapi kalimat dari “jika saya bergabung di PT.PTI maka saya akan . . .  . . . . . . “

Untuk tes ini jangan terlalu berpikir lama karena waktunya hanya 10 menit, jadi berusahalanh untuk menulis yang terbaik dan tidak terlalu bertele-tele dengan satu soal. Singkat, padat, jelas. Yah, walaupun tidak terlalu singkat si kalo aku. Hahaha..akhirnya tulisanku plenot sana plenot sini. Yaahh…yang penting bisa kebaca. Hihi..

Setelah selesai,kami semua diminta untuk menunggu selam 15 menit, karena seperti yang sudah dikatakan tadi yaitu menggunakan system gugur maka aka nada yang lolos dan tidak di tahap ini. Alhamdulillah lagi, saya lolos untuk tes tahap selanjutnya yaitu psikotes lengkap. Lalu peserta tes yang lolos masuk lagi kedalam ruangan yang tiap meja sudah ada buku polio merah dan ljk. Kami pun diinstruksikan untuk mengikuti aba-aba sesuai yang diberikan mbak paragon. Apakah untuk berhenti mengerjakan ataupun membalik halaman ke psikotes selanjutnya. Buku merah ini dilarang di coret-coet ya gaesss..lagian gak ada gunanya juga dan gak sempet buat coret-coret.hahaha untuk isinya yang pertama adalah psikotes aritmastika atau bahasa akademisnya itung-itungan, baik itu tambah, kurang, bagi, kali, baik itu decimal, pecahan, akar, kuadrat dan lainnya. Dan aku akui aku gak cepet ngerjainnya. Kambing tenan kok. Lali kalo pake waktu. Ah..ya wes. Untuk psikotes lembar selanjutnya itu sampe selesai itu gambar-gambar. Aku lupa si urutannya, tapi yang jelas ada yang milih 2 pilihan yang gambarnya cocok dengan potongan-potongan gambar disampingnya jika disatukan, terus milih 2 gambar yang pas dengan urutan dan criteria bentuk gambar disebelahnya. Abis itu apa lupa deh.. pokoknya belajar aja gitu tentang semua psikotes dan belajar juga buat teliti dan perhatikan cepat namun seksama tentang gambar tersebut. Haha..aku si musmet..

Untuk selanjutanya itu adalah tes kepribadian yang melingkari satu di kolom P untuk Paling kamu banget dan satu di kolom K untuk Kurang kamu banget gitu. Jadi tiap soal ada 4 pernyataan dan kamu harus melingkari satu di P dan satu di K. setelah dikumpulkan maka psikotest selanjutnya adalah psikotest wartegg. Itu lo tes yang disuruh ngelanjutin 8 gambar yang sudah ada sedikit coretan-coretan gitu. Ntar kalo udah kelar di suruh nulis nomer digambar yang pertama kali dibuat sampe kelar terus ditandai dengan M untuk gambar yang mudah di buat, terus S untuk yang susah dibuat, lalu + untuk gambar yang di sukai dan terakhir – untuk gambar yang tidak disukai. Abis itu gambar pohon dikertas kosong dan gambar orang. Tes gambar-gambar ini menggunakan pensil Hb dan dilarang memakai penghapus. Untuk psikotest ini gugling aja untuk lebih taunya. Hehehe >> mulai lelah ni.. 😀

Abis kelar gambar-gambar tes selanjutnya adalah mengisi kayak data diri gitu, yah anggap saja seperti itu. Setelah data diri itu ada ngisi kolom keluarga dari nama ayah, ibu dan kemudian saudara. Gak Cuma nama tapi tgl lahir, pendidikan dan pekerjaan. Siipp..terus riwayat pendidikan kita, organisasi, ah banyak…di isi sesuai dengan instruksi mbaknya ya gaeesss.. pokoknya yang penting dengerin instruksinya ben gak bingung dan salah.
Setelah kelar dengan pengisian ini dilanjutkan dengan psikotes yang memilih 2 pernyataan tentang kita, apakah a atau b sebanyak 200 sekian soal –lupa aku je..pokoke banyak,  dengan waktu 30 menit. Jadi intinya isinya cepet kalo udah baca satu dan menurutmu itu kamu ya udah langsung silang. Gitu gaeess. Kalo mikirnya lama ntar gak kelar. Sehabis itu selesai kami dipersilahkan untuk shalat ashar terlebih dahulu dan kembali keruangan untuk mengerjakan tes yang terakhir. Ooyyeeeeaaaahhh!!!!

Semangaaattttt!!!!!

Abis sholat ashar aku balik lagi dan dimeja udah ada soal dan ljk beserta teh kotak dan sebungkus roti..ngohahahaha…alhamdulillah. Paragon mah gitu orangnya.
Tes yang terakhir ini tes wawancara tertulis. Ada kisaran 15 pertanyaan disitu. Ya tinggal diisi aja. Hehe. Waktunya sejam kok, jadi ya isi sebaik-baiknya. Waktu itu aku setelah shar malah liat hape yang ada sms kalo aku gak keterima waktu itu di salah satu perusahaan jogja. Hmm..makanya aku jadi malah njelei. Aku pun jadi sebisa mungkin ngisi tes ini dengan baik walaupun jatuhnya malah mikir cepet-cepet pulang buat maiyahan. Karena waktu itu udah azan magrib.

Nah, segitu aja buat pengalamanku ngikutin psikotes di PT. PTI. Jadi satu lembar kisah dengan coretan warna ungu di kanvas hidupku.  setelah ini aku hanya percaya sama gusti Allah, karena rezeki sudah diatur. Yang penting udah berproses, ya usaha itu. Hasilnya semoga yang terbaik dari Allah. Karena setelah aku cerita ke rahma ada salah satu pertanyaan yang aku jawabnya terlalu berlebihan dan sedikit fatal. Yaaahh…berusah positif thinking saja, percaya bahwa Allah bakal kasih yang terbaik. Kalo rezeki gak bakal kemana. 😀 kudu semangat cari peluang karir yang lain.

Woooooaaaaaaaaa!!!!!!!!!